Sabtu, 08 Juni 2013

Orangtua Dipisahkan dari Bayinya Karena Ingin Pindah Rumah Sakit

 Sepasang suami-istri di Sacramento, California, AS terpaksa berpisah dengan bayi laki-laki mereka yang baru berusia 5 bulan. Bayi itu diambil petugas dinas sosial secara paksa.

Kisah sedih ini berawal pada 23 April lalu, saat Anna dan Alex Nikolayev membawa bayi mereka, Sammy ke RS Sutter Memorial. Mereka memang sudah rutin datang ke rumah sakit itu karena sejak lahir, Sammy memiliki kelainan pada jantung sehingga harus mendapatkan perawatan dokter secara berkala.

Tapi pada kunjungan kali ini, Sammy mengalami gejala flu.

Anna mengaku dia mulai khawatir saat melihat suster memberikan antibiotik, padahal itu sesuatu yang dilarang dokter. Setelah itu, seorang dokter mengatakan bahwa Sammy harus segera menjalani operasi jantung.

Mendengar hal tersebut, Anna dan suaminya bergegas menaruh Sammy di kereta bayi dan bergegas pergi. Mereka kemudian membawa Sammy ke rumah sakit lain untuk mendapatkan pendapat dari dokter lain — apakah operasi memang diperlukan.

Dokter di RS Kaiser Parmente memiliki pendapat berbeda dari dokter sebelumnya. Menurutnya, Sammy bisa pulang ke rumah dengan aman tanpa harus mengalami pembedahan jantung.

Namun masalah tak berhenti sampai di situ. Keesokan harinya, rumah Anna dan Alex didatangi polisi yang membawa surat perintah untuk mengambil Sammy dan meletakkan bayi mungil tersebut di bawah pengawasan dinas sosial. Rekaman video di rumah sakit menunjukkan, Anna dan Alex pergi begitu saja dari RS sebelum mendapatkan “surat keluar” rumah sakit bagi Sammy. Untuk itu mereka diduga membahayakan jiwa anaknya.

"Mereka [dinas sosial] mengambil anak saya begitu saja. Saya tak tahu harus bagaimana," ujar Anna.

"Suster dan dokter kami terikat dengan sumpah mereka. Mereka percaya saat itu kesehatan pasien [Sammy] tengah dalam bahaya," demikian ujar perwakilan RS Sutter Memmorial.

Selama seminggu Anna dan Alex hanya bisa menjenguk Sammy selama satu jam setiap hari. Pengadilan akhirnya memerintahkan Sammy dirawat di Stamford Medical Center untuk mendapatkan evaluasi pemeriksaan. Alex dan Anna boleh memutuskan tindakan kesehatan untuk Sammy tapi mereka harus tetap mengizinkan petugas dinas sosial mengunjugi rumah mereka secara rutin.

Syarat terakhir yang diberikan hakim adalah, Anna dan Alex tak boleh lagi membawa Sammy keluar dari RS tanpa ada surat keluar yang resmi.

sumber : http://id.she.yahoo.com/orangtua-dipisahkan-dari-bayinya-karena-ingin-pindah-rumah-sakit-094222835.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan